Belustru (Luffa aegyptiaca)

0
108

Belustru (Luffa aegyptiaca)

Tanaman Obat: Belustru

Belustru adalah tanaman sayuran buah yang masih berkerabat dekat dengan suku labu-labuan. Buah yang telah masak biasanya digunakan sebagai sepon pembersih saat mandi. Selain itu, blustru diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Seluruh bagian dari tanaman ini bisa digunakan dalam bahan pengobatan tradisional.

Belustru memiliki banyak nama di berbagai daerah seperti timput (Palembang), lopang (Jawa), dodahola (Halmahera), blustru (Melayu).

Kandungan: Luffein (zat pahit), citrulline, dan cucurbitacin. Bijinya mengandung a-spinasterol, protein, cucurbitacin B, minyak lemak, squalene. Getahnya mengandung saponin, xylan, lemak, vitamin B dan C, dan protein. Sabut di dalam buah belustru mengandung galactan, xylose, mannosan, xylan, selulosa, manitosa, saponin, galaktosa, vitamin A, B dan C.

Khasiat: Melancarkan air susu ibu, mengobati demam, batuk sesak, rasa haus, haid tidak teratur, keputihan, mimisan,  bisul, sukar buang air besar, sakit pinggang, wasir, luka bakar, digigit ular, bisul, kurap, sakit tenggorokan, bisul, sinusitis, wasir, dsb.

Cara membuat ramuan obat belustru:

Cara meramu blustru berbeda-beda untuk tiap sakit yang diderita. Kali ini kami akan menjelaskan cara meramu blustru khusus untuk mengobati wasir. Caranya, siapkan segenggam daun blustru lalu ris-iris, daun tersebut kemudian direbus dalam 8 liter air selama 10 menit. Tunggu hingga hangat, kemudian penderita bisa berendam dalam air tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here