Delima (Punica granatum)

0
64

Delima (Punica granatum)

Delima terkenal karena buahnya yang berwarna merah merekah dengan limpahan biji di dalamnya.

Buah delima sudah sejak lama diketahui sebagai salah satu buah dengan segudang manfaat kesehatan. Delima bahkan bisa ditanam dalam pot karena tergolong tanaman yang bisa disesuaikan (tumbuh pendek). Tidak hanya enak dikonsumsi, delima pun memiliki bagian tanaman seperti daun, kulit akar, kulit buah, dan bunganya yang bisa dimanfaatkan sebagai alternatif pengobatan alami.

Kandungan: Granatin, kalsium oksalat, pati, glukosa, maltosa, fruktosa, vitamin A dan C, tanin, mineral, granatin, betulic acid, alkaloid pelletierene, triterpenoid, kalsium oksalat, lemak, sulfur, glukosa, fruktosa, dsb.

Khasiat: Kulit buahnya mampu mengatasi sakit perut karena cacing, radang tenggorokan, nyeri lambung, keputihan (leukorea), batuk darah. Bunganya digunakan sebagai obat radang gusi dan bronkhitis. Sementara buahnya sendiri mampu menurunkan berat badan, rematik, sariawan, suara parau, dll.

Cara membuat ramuan obat dari delima:

Cucilah akar delima yang sudah dikeringkan sekitar 7 gr, kemudian potong-potong. Rebus dalam satu gelas air selama 15 menit. Dinginkan, lalu saring dan minum air rebusan tersebut sekaligus. Sedangkan untuk buahnya sendiri bisa dikonsumsi langsung atau dibuat jus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here